Tag Archives: brunei

Where We Have Been In 2018


Travel while you are young. Yo nek wis tuo masih tetap mau jalan-jalan ya ga apa-apa juga sih. Tapi yang jelas stamina itu sangat mempengaruhi. Saya kerasa banget setelah usia di atas 35, kalau jalan tidak sekuat ketika masih lebih muda. Tentu, traveling membawa balita juga berpengaruh.

Masjid Omar Ali Saifuddien di malam hari

Dulu, waktu hamil pertama, usia kehamilan 4 bulan masih sanggup gendong ransel 40 liter walau nggak penuh-penuh amat. Mampu keliling dari pagi sampai malam dengan jadwal makan yang nggak teratur. Sekarang, baru bentar aja udah kelaparan. Nek kuwi dasare kowe nggragas, Mbok!

Pokoknya beda. Beda banget huhuhu. Dulu habis jalan lama masih biasa nganu-nganu-nganu, sekarang saling oles-oles Counterpain.

Stonehenge di Amesbury.

Kami bersyukur punya kesempatan berkunjung ke tempat-tempat baru (dan lama). Bersyukur bisa melakukan perjalanan bersama keluarga. Allahumma amiin. Continue reading Where We Have Been In 2018

Peringkat Negara ASEAN untuk Jalan-Jalan


Dulu saya punya cita-cita agung, mengunjungi semua negara ASEAN sebelum menikah. Apa daya, pada tahun 2010 saya hanya sempat sampai di Filipina – negara ASEAN ke 9 yang saya kunjungi. Dua bulan setelah itu saya terpaksa menikah dengan Puput sebelum tuntas.

Saya pernah ditertawai teman sih, punya cita-cita kok ASEAN, mbok ya mengunjungi mengunjungi semua benua! Wait! Itu cita-cita berikutnya, dong!

Myanmar yang seharusnya menjadi pelengkap, still got away. Maklumlah tahun 2010 itu Myanmar masih harus pakai visa, ribet ngurusnya. Tapi, waktu ke Kamboja (2008) dan Laos (2009) pun saya masih harus bayar VOA yang USD 20 itu! Huh.

Kabar baiknya, the one that got away was not getting away anymore! Apaan sih ini bahasa? Maksudnya, setelah terlambat 5 tahun – tepat di hari ulang tahun saya yang ke 25 – akhirnya saya menuntaskan semua negara ASEAN.

Berikut ini cuplikan serta peringkat negara mulai dari yang paling saya sukai hingga yang saya least sukai. Ingat, ini SUBJEKTIF, sesuai dengan pengalaman dan selera saya. Jadi jangan protes kalau tidak sesuai dengan pendapat Anda. Selain itu, walau sudah ke semua negara, di tiap negara paling saya hanya berkunjung ke 1-3 kota, kecuali Malaysia (10+ kota). Ke tiga, saya sengaja tidak mencantumkan Indonesia karena nanti jadi tidak adil dan kalau tidak jadi nomor 1 bisa-bisa saya dikepruki massa nasionalis .

  1. Vietnam
Salah satu sudut Old Quarter Hanoi

Continue reading Peringkat Negara ASEAN untuk Jalan-Jalan