Category Archives: Indonesia

Liburan Ke Malang Dengan Kereta Api Bima, Kulineran di Tempat Ini Yuk!


sumber:@KAI121

Kota Malang menjadi salah satu kota destinasi wisata di Jawa Timur yang banyak digemari wisatawan karena keragaman potensi wisata serta suasana sejuk khas pegunungannya. Untuk mencapai Kota Malang bisa menggunakan jalur udara dan jalur darat. Selain menggunakan pesawat, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta api.

Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa menggunakan Kereta Api Bima yang berangkat dari stasiun Gambir menuju stasiun Malang Kota.Jalur yang dilalui kereta pi ini adalah jalur selatan, yakni melalui Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya. Kereta Api Bima sendiri merupakan kereta api eksekutif dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 15 jam.

15 Jam perjalanan akan tertebus dengan keindahan yang disuguhkan Kota Malang. Selain hawanya yang sejuk, Kota Malang juga menghadirkan berbagai tempat wisata yang bisa kamu nikmati bersama teman maupun keluarga. Kamu juga tak boleh melewatkan makan di restoran serta nongkrong di café yang mempunyai suasana unik selama di Kota Malang. Berikut beberapa restoran dan café unik di Malang yang bisa kamu kunjungi. Continue reading Liburan Ke Malang Dengan Kereta Api Bima, Kulineran di Tempat Ini Yuk!

Advertisements

Candi Sukuh, Tantra, dan Erotisme


Kalau menyebut Candi Sukuh, kamu pasti paling ingat dengan arca yang itu. Hooh, yang itu. Sudah terbukti bahwa otak kita paling gampang memproses hal-hal yang berbau erotis hahahha. Ngaku aja, deh.

Candi Sukuh berada di lereng Gunung Lawu bagian barat. Sebenarnya saya ke sana tahun lalu, tapi karena belum setahun belum kedaluarsa kali ya *ngeles. Kenapa nulisnya bisa telat banget, karena dulu Puput yang janji mau nulis tapi setelah ratusan purnama tiada kunjung njedul akhirnya tangan Simbok gatal.

Malam sebelumnya kami menginap di Hotel Alana Solo, dan setelah sarapan langsung menuju ke Karanganyar. Jalannya termasuk mudah hingga ke jalan menuju Tawangmangu, kemudian berkelok sedikit namun tidak sesulit jalan menuju ke candi “saudaranya” yaitu Candi Cetho.

Kami datang bersamaan dengan beberapa mobil yang sedang melakukan touring bersama. Selain itu tidak terlalu ramai pengunjung padahal saat itu adalah akhir pekan. Continue reading Candi Sukuh, Tantra, dan Erotisme

Oemah Bamboo New Selo di Suatu Pagi


Selo Boyolali berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. It sits right on the cleavage. Dulunya Selo hanya menarik perhatian bagi mereka yang hendak mendaki Merapi. Sekarang, makin banyak objek wisata baru yang menarik kunjungan wisatawan lokal. Ya, sayangnya, objek wisata artifisial yang dibuat “instagrammable” dan “selfie-friendly” memang tidak akan sanggup untuk menarik pasar yang lebih luas.

New Selo di lereng timur Merapi

Padahal, tentu, Selo menawarkan lebih banyak daripada itu. Kontur area yang berbukit-bukit dan berada di antara dua gunung besar sebenarnya memang asli cantik, namun ke sana juga tidak sangat mudah. Kami berangkat dari Jogja menyusur hingga Muntilan. Niat hati mau mampir di Ketep Pass mengenang masa muda kami, apa daya kesasar hingga Ketep terlewat huhuuu. Tiba-tiba saja, setelah melalui jalan berliku, sempit, dan pating gronjal, kami sudah masuk wilayah Boyolali. Mau memutar ke Ketep, rasanya kok ngalang kakehan, hingga akhirnya kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Selo. Continue reading Oemah Bamboo New Selo di Suatu Pagi

Ngeteh Sore di Rumah Teh Ndoro Donker Kemuning


Rumah Teh Ndoro Donker, di tepi perkebunan teh Kemuning, di Karanganyar, Jawa Tengah, adalah salah satu restoran yang seolah wajib dikunjungi bila berada di daerah ini. Rumah Teh Ndoro Donker memang spesial, bukan hanya karena lokasinya, melainkan juga karena sejarahnya.

Rumah Teh Ndoro Donker

Ndoro Donker adalah seorang ahli tanaman Belanda, ditempatkan di Kemuning untuk membangun perkebunan. Ia sangat dekat dengan masyarakat sekitar sehingga memutuskan alih-alih tinggal di rumah dinas, ia memilih hidup berbaur dengan warga desa. Berada di Kemuding, Ndoro Donker sangat dicintai warga karena selalu berbagi pengetahuan tentang tanaman. Karena itu ia dipanggil “Ndoro” yang artinya “Tuan”. Saya tidak menemukan nama depan Tuan Donker ini. Continue reading Ngeteh Sore di Rumah Teh Ndoro Donker Kemuning

Leyeh-leyeh sendirian di MAS Cottage Samosir, ealah mblo!


Kalau menengok ke belakang, setiap cerita traveling saya kok sendiri terus? Apa saya kelihatan ngenes banget? Sampai-sampai Mommy Ade @Travelingprecils mau jodohin saya sama pak gurunya Ayesha. Hahahaha. Mom, aku ora sengenes itu.

FYI, saya itu memang seneng make fun of myself. Iya, saya seneng ngetawain diri sendiri. Itu cara saya mensyukuri kehidupan yang saya miliki sekarang. Tapi yaa kalau mau nyariin jodoh, kata almarhum papah kriterianya harus kayak Mas Puput, Islamnya baik, pinter dan suka jalan-jalan. Tolong dong dicatet. (Intine tetep golek jodo).

Oke, lanjut cerita saya setelah drama dengan Abang Daud kemarin. Akhirnya sampailah saya di Samosir setelah naik Ferry dengan harga Rp 8.000 saja. Kita tinggal bilang ke tukang kapalnya mau menginap di mana, mereka sudah tahu akan menurunkan kita di mana. Atau bisa juga turun di pelabuhan.

image_6483441
Ini penampakan dari resepsionis

Setelah turun di sebuah dermaga, saya langsung telpon ke MAS Cottage tempat saya menginap. Kita hanya menunggu sebentar dan pegawainya akan menjemput kita pakai motor tanpa biaya tambahan.

Continue reading Leyeh-leyeh sendirian di MAS Cottage Samosir, ealah mblo!