7 Wisata ‘Agak’ Baru di Jogja

Tahu nggak kalau di Jogja (DIY, ya, maksudnya, bukan Kota Jogja) selalu ada lokasi wisata baru tiap beberapa bulan. Jadi, kalaupun kamu udah bola-bali ke Jogja, nggak akan bosan karena adaaa aja yang baru.

Nah, berhubung Simbok habis lahiran, jadi belum ke mana-mana *mewek*. Berikut ini ada kompilasi rekomendasi wisata yang cukup baru, hasil wawancara dengan Duo Gendeng Delin dan Gesit yang selalu melakukan #MingguMblusuk keliling Jogja dan sekitarnya.

1.Hutan Pinus Imogiri

Sebenarnya lokasi wisata ini tidak baru, tapi kalau belm pernah bolehlah dicoba ke sana. Selain cukup dekat, di wilayah Imogiri Bantul, hutan pinus sangat sesuai buat kamu yang senang foto-foto. Bahkan cocok juga buat yang pre-wed. Buat kamu yang jomblo, nggak usah berkecil hati, boleh kok foto sendirian. Siapa tahu kan dapat jodoh di bawah pohon pinus.

hutanpinus

Lokasi: Yogyakarta – Jl. Imogiri Timur – Imogiri – pertigaan Imogiri ambil kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri – pertigaan ke kanan, ambil arah Mangunan – pertigaan Mangunan ke kiri, ambil arah hutan pinus – hutan pinus

1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor sekarang sudah dikenal, jadi kalau ke sana pas weekend sudah ramai. Pantai ini memang jadi favorit wisatawan lokal karena konturnya agak berbeda dengan pantai lain di Gunungkidul. Mungkin ini satu-satunya pantai di Jogja yang cocok untuk snorkeling. Pantai Nglambor seperti sebuah teluk yang dibatasi dua bukit karang, sementara itu di hadapannya terdapat sebuah pulau karang yang mampu menghalau ombak deras. Makanya, arus di Nglambor tenang, beda dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Bermain air di sini cenderung aman, dan airnya pun jernih. Peralatan snorkeling dapat disewa.

Pantai Nglambor

Lokasi: Jogja – Jl. Wonosari – Bukit Patuk – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – ke arah Pantai Siung – TPR Pantai Siung – sekitar 2 km dari TPR, belok kanan – ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor – Pantai Nglambor

1. Pantai Ngeden

Seperti Gunungkidul memang tidak pernah kehabisan pantai baru. Salah satunya adalah Pantai Ngeden di Saptosari. Pantai ini memiliki bukit karang yang di atasnya terdapat gardu pandang. Di seberang bukit karang terdapat Pantai Nglimun yang cocok untuk para pemancing — atau cocok juga buat kamu yang seneng kemping. Walau masih cenderung sepi — terutama waktu tengah malam — pantai ini sudah punya area parkir dan warung-warung buat ngopi-ngopi cantik.

Pantai Ngeden

Lokasi: Jogja – Imogiri – Panggang – Giriwungu – Perempatan Legundi Girimulyo ke kiri arah Saptosari – MTS YAPPI Jetis – pertigaan setelah Masjid Nurul Huda ke Kanan – Lapangan Ngloro lurus – pertigaan ke kanan – pertigaan Ngejaman Ngondel ke kiri – SMPN 2 Saptosari – SDN Negeri Bibis – pertigaan ke kanan ikuti papan petunjuk ke lokasi Pantai Ngeden

1. Wanagama Kali Oyo

Buat yang suka adventure, silakan coba ke Wanagama di Wonosari, Gunungkidul. Dikelola oleh De Oyo Adventure, kamu bisa kayaking, fun paddling, camping dan beragam -ing -ing lain. Pemandangan alam di sini sangat cantik, perpaduan antara jernihnya Kali Oyo dan tumbuhan hijau di sekelilingnya. Tempat ini juga cocok untuk outbond. Tarifnya murah meriah beda jauh dengan lokasi-lokasi outbond di Bogor, Bandung, dan Jakarta. Ada penginapan kelas melati dan ruang pertemuan. Mau ngirit? Kemping aja.

Kali Oyo
  1. Candi Abang

Candi Abang bukan lokasi wisata baru. Ya iyalah mana ada candi baru, to? Kompleks candi ini termasuk salah satu yang berada di seputaran Candi Prambanan, dibangun pada masa Mataram kuno abad 9-10. Dinamai Candi Abang karena terbuat dari batu bata merah. Perbedaannya dengan candi-candi lain adalah candi berada di dalam tanah dan tidak dikeruk. Tanah menutupi candi dan membentuk sebuah bukit hijau, sering disebut Bukit Teletubbies. Bener-bener koleksi properti deh Si Tinkie Winkie, Dibsy, Lala, Po sampai punya bukit di mana-mana. Di Jogja ada, di Dieng ada, di Solo ada, ngalah-ngalahin Bakrie! Candi Abang terletak di Berbah, Sleman, tidak terlalu jauh dari Bandara Adisutjipto.

candiabang

Lokasi: Masuk dari pertigaan SD Kanisius yang berada di jalan Jogja-Solo. Ikuti jalan hingga di pohon beringin besar dekat Perkebunan KP4 UGM arah kanan, tetap ikuti jalan utama hingga Desa Mujur Kulon. Masuk ke gapura menuju Desa Jogotirto. Ketika bertemu perempatan belok ke kanan hingga bertemu perempatan lagi, lurus ikuti jalan. Anda akan bertemu dengan papan penunjuk arah ke Candi Abang dan Gua Sentono.

1. Grojogan Sewu Kulonprogo

Grojogan Sewu adalah tempat saya traveling pertama sama Puput waktu SD kelas 6. Tapi itu di Tawangmangu, Jawa Tengah. Grojogan Sewu yang ini ada di Kulonprogo, di kaku Perbukitan Menoreh. Untuk ke sini agak butuh usaha karena tanjakan-tanjakan yang cukup maut. Perjuangan berat terbayar ketika melihat air terjun yang jernih membajiri batu-batu besar. Terdapat kolam-kolam alami di bawah air terjun itu, katanya ada yang dalamnya sampai beberapa puluh meter. Entah fakta atau hiperbola. Yang membuat tempat ini makin indah adalah sekelilingnya yang masih hijau alami. Air terjun masih digunakan oleh warga sebagai sumber air.

Grojogan Sewu Kulonprogo
  1. Puncak Becici

Puncak Becici bisa dijadikan alternatif kalau enggan antre naik ke gardu pandang Kalibiru Kulonprogo. Kalau hari libur, kabarnya bisa antre berjam-jam untuk naik ke spot foto yang belakangan ini banyak beredar di media sosial. Seorang kawan blogger berinisial LP sampai membatalkan niatnya naik karena sampai pada pukul 10 dan baru akan mendapat giliran pada pukul 2. So much for eksis, yes! Nah, Puncak Becici ini selain lebih dekat (Imogiri), gardu pandangnya juga banyak jadi tidak terlalu antre. Kunjungan ke sini bisa dikombinasikan dengan ke Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan.

Puncak Becici

Lokasi: Dari Kota Yogyakarta- Jalan Imogiri Timur – pertigaan pasar Imogiri – belok kiri arah Kebun Buah Mangunan – pertigaan kebun buah dan Hutan Pinus, ambil arah lurus menuju Hutan Pinus Mangunan – lurus melewati Hutan Pinus sampai pertigaan – belok kiri sesuai papan penunjuk arah

Advertisements

17 thoughts on “7 Wisata ‘Agak’ Baru di Jogja”

1. sekarang semua tempat indah dikit-dikit. jadi wisata ya mbok. bener2 darurat liburan nie tahun ini, tiap minggu kalo saya pulang semarang naek kereta isinya pemuda wangi2 pada naek gunung 😀

2. sampai sekarang belum kesampaian ke Nglambor, akhir tahun lalu gagal kesana karena pas hujan jalan aksesnya rada ngeri..
    wanagama dan becici juga belum.. belum ada kepengenan kesana soalnya.. :mrgreen:
    kalo ditelusuri nggak ada habisnya sih wisata di jogja.. 😀

*oiya salam kenal dari bantul selatan 😀