Siapa Bilang Ibu Hamil Pantang Makan Mie Instan?


Ibu hamil tu nggak boleh makan sate! Nggak boleh minum kopi! Nggak boleh makan pedes-pedes! Nggak boleh makan mie instan! And bla…bla…bla… aduh pantangannya banyak betul. Ribet banget, deh, kalau mau nurutin kata semua orang. Ternyata setelah saya cek dengan dokter kandungan, nggak segitu-gitunya juga!

“Ibu hamil boleh makan apa saja, asal nutrisi seimbang, dan porsi jangan berlebihan!” begitu kata dokter saya. *Lalu Simbok disuruh makan durian seglundung*

Eh tapi benar, seperti pengalaman saya waktu hamil anak pertama, tidak pernah ada pantangan. Bukan berarti lantas kita makan sembarangan, tentu masih harus memilih yang terbaik. Tidak dapat ditampik, bahwa dalam kondisi hamil, tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit.AiA8wwqkQ-LpTHt8pJBuBQjyqWnkNfY4m8NYvPG_AIRY

Gimana dong kalau saya yang suka makan mie ini harus puasa mie instan selama sembilan bulan penuh? Apalagi kami ini kan dari keluarga traveler, hobi jalan-jalan, dan seringkali mie instan jadi andalan di luar negeri ketika kita butuh makanan halal, cepat, nan murah.

Biarpun tidak dipantang tapi kalau keseringan makan mie instan yang tidak sehat kan bahaya juga buat ibu hamil! Duh!

Nah, pada saat mudik ke Jogja, di rumah mertua tiba-tiba saya melihat beberapa bungkus berwarna merah. Ternyata itu adalah mie Tropicana Slim. Kebetulan bapak mertua saya mengidap diabetes dan selama ini selalu menjaga asupan glukosa dan telah menjadi pengguna produk-produk Tropicana Slim selama belasan tahun.

“Wah, nggak tahu kalau Tropicana Slim mengeluarkan produk mie instan!” batin saya. Langsung saya embat sebungkus dan, “Enaaaaak!”AuuDcCiNbnWHVsY3KCMfIkn6zfgXjGtj1qyJQdifYG6O

Apa bedanya mie Tropicana Slim dengan mie instan biasa?

  • Rendah natrium/sodium. Mie instan biasa memiliki kandungan natrium yang tinggi sehingga bila dikonsumsi terus menerus akan menyebabkan hipertensi. Wah, tentu ini bahaya sekali untuk ibu hamil. Selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya untuk janin dan proses melahirkan, kabarnya terlalu banyak garam juga akan menyebabkan kaki ibu hamil bengkak. Bayangkan saja kalau saya penyuka jalan-jalan ini mengalami kaki bengkak. Bukankah repot mau ke mana-mana? Sudah hamil, gendut, nggak bisa olahraga jalan santai, wah kondisi tubuh juga bakal mudah ngedrop. Makanya saya senang banget waktu nemu Mie Kering Tropicana Slim yang rendah natrium. Artinya, saya bisa menjaga konsumsi garam, tekanan darah aman dan tidak perlu khawatir kaki bengkak selama kehamilan.
  • Rendah lemak rendah kalori. Berkat Tropicana Slim, saya juga tahu bahwa air rebusan mie instan biasa ternyata keruh bukan karena kandungan lilin, melainkan karena kandungan lemak yang sangat banyak. Penggemar mie instan biasa bisa jadi rawan obesitas karena kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Lemak pada mie instan ini terjadi karena mie mengalami proses penggorengan dalam pengeringan. Mie Tropicana Slim beda lagi. Kandungan lemak pada mie ini rendah karena dikeringkan melalui proses pemanggangan, bukan penggorengan. Nggak percaya? Buktikan sendiri deh, bakal kelihatan dari air rebusan yang jernih, alih-alih keruh seperti mie instan lainnya. Wuuihhh, Simbok jadi nggak kuatir tambah gendut!

Perbandingan mi Kering Tropicana Slim dengan mi Instant Lainnya

Pembanding Tropicana Slim

Mi Kering Ayam Bakar

Mi Instant Korea Mi Instant Biasa
Kalori Total 240 kkal 436 kkal 390 kkal
Lemak Total 5 g 14.7 g 17 g
Kadar Natrium Total (Garam) 480 mg 1840 mg 940 mg

Sumber

 

  • Tanpa pewarna buatan. Kelebihan lain dari Mie Tropicana Slim adalah pembuatannya yang tidak menggunakan pewarna buatan. Hmm, lebih enak dan lebih sehat tentunya.
  • Lebih simple. Anda makan mie instan biasa dan masih suka repot-repot membuang air rebusan yang keruh dan menggantikannya dengan air panas biasa? Sudah dijelaskan tadi bahwa kandungan lemak rendah sehingga air rebusan Mie Tropicana Slim jernih. Karena bebas lemak, Anda tidak perlu repot mengganti kuah rebusan dengan air baru. Langsung taruh di mangkuk saja dan sajikan dengan bumbu yang tersedia. Lebih simple, bukan?

Buat saya, makan mie instan nggak cukup kalau begitu saja. Saya selalu tambahkan sayur sebagai sumber serat. Jenis sayurnya apa saja yang tersedia di kulkas, paling sering sawi hijau, kol, maupun brokoli. Kadang saya tambahkan juga irisan tomat. Hmmm, enak dan sehat pastinya.Al8BxjVeizB_DASDYNzog5Na2-tDjnfulANbINzlN2CQ

Tapi, itu belum cukup kalau buat ibu hamil yang suka kelaparan. Sebagai sumber protein saya tambahkan juga telur atau ayam. Pokoknya apa aja yang ada, deh!

Bukan hanya itu, mie juga dapat diolah sesuai selera. Misalnya diberi tambahan bumbu, ayam kampung, telur, dan kol. Bimsalabim: jadilah Bakmi godog Jawa rendah lemak dan garam. Mie juga dapat dimodifikasi dengan berbagai rempah khas nusantara, sehingga jadi mie Aceh, misalnya.

Sekarang, saya jadi tidak perlu khawatir lagi kalau sedang traveling. Mie Tropicana Slim mudah dibawa ke mana-mana, mudah dimasak, enak, dan harganya terjangkau. Kebetulan saya juga punya balita yang senang makan mie. Semua juga tahu bahwa terlalu banyak garam tidak baik bagi anak-anak. Karena itu, sejak ada Mie Kering Tropicana Slim Ayam Bakar, kami sekeluarga tidak perlu cemas. Bisa dibuat di rumah untuk bekal jalan-jalan, bisa juga dibuat saat bepergian di luar negeri.Ag8Uc05gFGX2wm9eiZ2GkeXxJkH_kUn-u-7ghazZqVOT

Makan mie, gak masalah dong!

*BRB masak mie dulu*

Advertisements

5 thoughts on “Siapa Bilang Ibu Hamil Pantang Makan Mie Instan?”

  1. Aku sebenere ngga doyan2 amat sama mie, tapi loat foto mie mu dg telor setengah mateng itu kok jd ngiler. *brb beli mi tropicana slim*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s