Itinerary dan Budget Liburan Keluarga Kuala Lumpur


Rencana perjalanan ini dibuat hanya sebagai garis besar untuk membantu Anda membuat rencana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat. Pastikan tidak membuat agenda yang terlalu dipaksakan terutama bila anak-anak masih balita.

I Love KL logo, jangan lewatkan foto selfie di sini
I Love KL logo, jangan lewatkan foto selfie di sini

Tips menghemat ada beberapa, antara lain:

1. Mencari tiket murah, yang kiatnya ada di sini

2. Mencari objek wisata gratisan, yang daftarnya untuk Kuala Lumpur sudah kami jlentrehkan di sini, untuk yang bawa anak silakan cek objek wisata anak yang Simbok rekomendasikan di sini

3. Bingung cari penginapan murah di KL? Backpackology punya sederetan rekomendasi akomodasi murah tapi nyaman, yang daftarnya ada di sini

***

Hitungan di sini adalah budget untuk 2 orang dewasa dan 1 anak-anak. Silakan sesuaikan sendiri bila jumlah rombongan Anda berbeda.

Kuala Lumpur’s Landmark (3 hari 2 malam)

Hari Pertama

  1. Tiba di KLIA/KLIA2, naik Skybus atau bus lain menuju ke KL Sentral dilanjutkan dengan LRT menuju ke penginapan. KLIA Express melayani rute KLIA ke KL namun tiketnya jauh lebih mahal daripada bus. (Budget: 2 x RM 10 untuk dewasa ditambah RM 5 untuk anak. Total RM 25. Ditambah dengan LRT kira-kira RM 3. Total RM 28)
  2. Sampai di penginapan, meletakkan koper dan beristirahat sebentar. (Budget penginapan semalam RM 120)
  3. Mengeksplore daerah sekitar penginapan. Misalnya: menginap di daerah Chinatown dapat berjalan-jalan ke Kuil Sri Mahariamman dan Masjid Jamek. jalan-jalan juga ke Dataran Merdeka (Gratis apabila memutuskan untuk berjalan kaki saja)
  4. Makan malam di salah satu pusat jajan yang dicantumkan di atas. (Budget: 3 x RM 10 = RM 30, bisa lebih mahal/murah tergantung Anda)

Hari Ke dua

  1. Bersiap menuju ke KLCC agar bisa mendapat akses menuju ke Skybridge Menara Kembar Petronas. Harus tiba pagi bila ingin mendapat jatah. Lebih baik lagi booking tiket secara online di https://eticket.petronastwintowers.com.my/ (Anggapan sarapan disediakan gratis di hotel. LRT ke KLCC kira2 RM 3, tiket Skybridge 2 dewasa 1 anak RM 190. Total RM 193)
  2. Anak-anak dapat bermain di KLCC Park. Ada kolam renang gratis. Berfoto-foto dengan latar belakang Petronas.
  3. Makan siang di foodcourt Suria, dilanjutkan dengan mengunjungi Petrosains di Suria KLCC. (Budget: 3 x 10 = RM 30, Petrosains 2 x RM 25 + 1 x RM 15 = 65 )
  4. Naik GO KL gratisan menuju halte terdekat dengan KL Tower. Cek rute di sini: http://www.gokl.com.my/. (Budget: 2 x RM 49 + RM 29. Total RM 127, pulang bisa mencari GO KL menuju ke halte terdekat penginapan, atau naik monorail/LRT tergantung letak penginapan)
  5. Makan malam (Budget: 3 x 10 = RM 30)
  6. Pulang ke penginapan (RM 120)

Hari ke tiga

  1. Menuju ke Batu Caves dengan bus. Lebih enak pada pagi hari agar anak-anak masih segar saat mendaki tangga. (Budget: Tiket KTM Komuter KL-Sentral ke Batu Caves @ RM 2, anak RM 1. Total RM 10 pulang pergi. Anggarkan RM 6 untuk tiket Anda ke KL Sentral pulang pergi. Total budget RM 16)
  2. Makan siang di sekitar KL Sentral 3 x RM 10 = RM 30
  3. Bermain di Pusat Sains Negara. (2 x RM 6 ditambah 1 x RM 3 = RM 15)
  4. Menuju ke bandara untuk kembali ke Indonesia. (LRT+Skybus = RM 28)

Total pengeluaran di Kuala Lumpur untuk 2 dewasa 1 anak adalah: RM 857 di luar tiket pesawat. Setara dengan Rp 3 juta.

Bila tidak naik menara Petronas dan tidak naik menara KL menjadi RM 540 setara dengan Rp 2 juta.

Nah, sekarang Anda tinggal cari tiket promonya. Nggak terlalu mahal juga kan?

DISCLAIMER:

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

*Semua yang tertera di sini adalah perkiraan, pengeluaran aktual tergantung gaya masing-masing

*Tidak ada budget untuk membeli oleh-oleh, karena kami pasangan irit

*Waktu kedatangan/keberangkatan pesawat berbeda-beda sehingga itinerary hanya garis besar saja

Advertisements

29 thoughts on “Itinerary dan Budget Liburan Keluarga Kuala Lumpur”

  1. mba,, aku galau nih. Kemarin aku tuker ringgit di money changer aku dapet 10 myr yang gambarnya bukan bunga tapi gambar transportasinya mereka (pesawat, kereta). dan 1 myr yang kertasnya bukan plastik masih laku gak yah? 😦

    pas aku liat myr temanku yang baru pulang kok beda, dan dia gak tau kalau myr punyaku masih berlaku atau enggak.

    aku berangkat april, dari januari udah cicil beli ringgit.

    please banget yang tau, mohon reply yah. thank you.

    Like

    1. 10 ringgit merah gambar kereta ya? Masih laku kok. Klo 1 ringgit yang biru muda blabur kan? Masih laku juga. Klo yg baru emang yg plastik biru muda agak tua lebih kecil
      Tenang masih laku semua

      Like

  2. Mba, saya Esti dr Jogja. Critanya saya dan temen-temen mau ke KL selama 5 hari. Nah kami masih agak bingung ttg kartu transportasi MyRapid Card yg utk 7 hari. Kami akan banyak bgt menjelajah KL menggunakan transportasi LRT atau Monorail. Lebih hemat manakah jika kami beli on the spot saat mau naik atau menggunakan kartu tsb?
    Terima kasih sebelumnya mba..

    Like

    1. Harga kartunya 2rm, beda harga pertrip antara pake kartu dan ga 10-30 sen tergantung jarak. Jadi sebenarnya ga beda jauh antara ngeteng dan pake kartu. Enaknya ga tiap berangkat tumbas token. Gitu aja sih mbak. Yakin di KL sampai 7 hari ga bosen?

      Like

      1. Matursuwun banget mba, jd ada pencerahan sekarang.
        Mau ke luar KL juga sih, pengen ke Colmar Tropicale dan Genting, Melaka. hehehe..

        Like

    1. Klo menurutku KL ki 3 hari wis cukup: 1 hari genting+colmar, 1 hari batu caves+city tour, 1 hari melaka. Jadi kalo 7 hari bisa leluasa. Bahkan penang pun bisa kalo niat, tapi agak kesusu sih. Coba cek tulisan yg 17 wissata gratis di KL ya

      Like

  3. Sewaan kereta beserta driver di malaysia..bisa kemana sahaja..kuala lumpur dan semua daerah di malaysia.juga bisa jemput dan hantar di airport..

    Nissan almera 4penumpang
    Toyota innova 6penumpang
    Kia pregio 10penumpang
    Toyota hiace 14penumpang
    Toyota estima 7penumpang
    Toyota alphard 7penumpang

    azran
    Whatsapp/call
    0179402240

    Like

    1. Di indonesia bisa. Di sana juga bisa. Gampang kok klo ringgit dan kurs ga terlalu beda jauh (asal di sana tukernya bukan di pasar seni atau jl petaling yg emang nyasar turis). Kalo di jogja malah bisa tuker ke saya. Ringgitku masih buanyaaaak

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s