Catatan Perjalanan Keluarga Pelancong 2013

Akhir tahun, saatnya melihat kembali sudah ke mana saja kami tahun ini (dan berapa banyak dari bucket list yang belum juga tercapai ;( ). Oh, there will always be next year!

Di Stavanger, Norwegia

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Januari biasanya kami melakukan perjalanan besar karena setelah peak season Natal dan Tahun Baru, harga tiket akan turun. Kali ini – sayangnya – tidak ke mana-mana. Awal Januari kami hanya jalan-jalan ke Musem Satria Mandala yang jaraknya hanya 2 km dari rumah.

Bulan Februari, kami mudik ke Jogja dan mencoba destinasi baru. Bukan lagi Gunungkidul, tapi Kulonprogo. Pertama, kami ke Gua Kiskendo di Kecamatan Girimulyo. Kabarnya, gua ini dulunya adalah sebuah kerajaan dengan raja bernama Mahesosuro.

Setelah itu, kami naik menuju ke Puncak Suroloyo di Perbukitan Menoreh. Puncak Suroloyo adalah tempat pertapaan Sultan Agung. Dari atas sini dapat terlihat Candi Borobudur, sayangnya saat itu kabut terlalu tebal.

Februari dilanjutkan dengan mendampingi Puput meeting di Aston Bogor.

Februari juga jadi bulan besar nan repot. Karena satu dan lain hal, Puput batal dinas ke London. Akhirnya kami putar haluan untuk liburan ke Paris dan Amsterdam.  Singapura-Paris adalah penerbangan non-stop terpanjang Oliq, untungnya dia tidak rewel. Dari Paris kami menuju Amsterdam dengan kereta Thalys sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.

Sebulan kemudian Puput harus dinas ke Stavanger, Norwegia. Sebagai istri solehah, saya memaksa diri untuk mendampingi. Ini perjalanan kami yang paling gila karena anak 1,5 tahun ini harus terbang melalui 5 bandara. Kebetulan sebelum ke Norwegia, Puput ada tugas ke Bali. Jadilah kami terbang Denpasar-Jakarta-Abu Dhabi-Amsterdam-Stavanger dengan total waktu lebih dari 24 jam. Di Stavanger kami tinggal lebih dari 20 hari.

Pada bulan April, kembali nebeng perjalanan dinas, kami ke Batam, dilanjutkan ke Pulau Rempang dan Galang. Selain mengunjungi Kamp Mansinam, kami juga pergi ke beberapa pantai, yaitu Melayu dan mmmm satunya lupa namanya.

Masih di bulan April, kami kembali ke Taman Safari, Cisarua, menginap di villa milik CIFOR di Puncak.

Di bulan April juga, sebagai acara syukuran Oliq sembuh dari diare, kami ke Singapura. Tujuan utamanya adalah naik Singapore Flyer. Selain itu, kami juga ke Marina Bay Sand, Gardens by the Bay, dan Chinatown. Ada pengalaman buruk ketika pulang.

Di bulan Mei kami mudik lagi ke Jogja. Kali ini kami sempatkan ke Candi Barong di Klaten dan mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunungkidul. Kami berjuang untuk yang pertama kalinya berburu matahari terbit di Punthuk Setumbu Borobudur, dan gagal. Liburan kali ini cukup memuaskan dengan sate klathak Pak Pong dan sambel welut Pak Sabar.

Di bulan Juni, setelah berbingung-bingung ria mau weekend getaway ke mana, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Situs Megalitik Gunung Padang di Cianjur. Sebuah penumpang gelap dan berat bernama Noni ikut serta.

Paling kiri buka lowongan suami

Bulan Juni ini kami kembali mudik dan mencoba peruntungan kembali ke Punthuk Setumbu. Tetap gagal! Akhirnya kami jalan-jalan seputaran candi Prambanan, yaitu ke Candi Sojiwan, Candi Plaosan, dan Candi Sumberwatu yang tengah dipugar.  Wisata pantai itu seperti hal wajib saat mudik, jadi kami juga ke Pok Tunggal – masih jadi pantai Gunungkidul terbaik versi Backpackology.

Masih di bulan Juni, kami akhirnya pergi juga ke Ujung Genteng di Sukabumi dengan perjalanan nan berliku. Walau penuh perjuangan, akhirnya dapat foto sunset yang bagus-bagus. Simbok hepi. Pulangnya kami sempatkan ke Curug Cikaso yang memang bagus banget.

Bulan Juli Puput pergi ke Singapura dan Batam, Oliq dan Simbok cengoh di rumah, makan tempe penyet. Selain itu, kami hanya pergi ke Sea World. Bulan yang suram.

Agustus pun masih sama suramnya. Hanya mudik ke Jogja.

September adalah bulan yang besar bagi Puput. Setelah menang lomba blog Terios, dia jadi bisa ikut road trip Jakarta – Sawarna KinahrejoRanu Pane Baluran – Bali – Lombok Sumbawa Komodo selama dua minggu. Sebagai kompensasi, simbok dan Oliq ke Lombok berdua saja pada bulan Oktober.

Bulan November, kami ke Lembang karena Puput ada team building di sana. Dari Lembang kami menuju ke Sawarna dengan (terpaksa) pit stop di Pelabuhan Ratu.

Awal bulan Desember, kami terbang ke Belitung. Ini adalah yang pertama bagi Puput dan Oliq. Hari pertama kami island-hopping dan “Naik manana tinggi banget”. Di hari ke dua, kami ke Belitung Timur yang lebih tidak tereksplor.

Di akhir Desember ini semua barang sudah dikemasi. Kami memang harus pindahan. Tanggal 27 nanti, perjalanan panjang road trip dari Jakarta ke Jogja. Rencananya akan mampir ke Semarang dan Magelang. Jadi akan butuh 3-4 hari untuk sampai di rumah (orangtua/mertua).

Nantikan cerita kami tahun depan ya ;))

Catatan Perjalanan Keluarga Pelancong 2012 ada di sini

Advertisements

11 thoughts on “Catatan Perjalanan Keluarga Pelancong 2013”

1. serunya kak olen…aku belum bisa jalan-jalan kek kakak. masih terbentur dengan jadwal tugas.kayaknya tahun depan harus dikasih space untuk jalan2 juga nih….baru setelah itu kerja lagi 🙂

2. Oliq, betapa bahagianya dirimu punya orang tua seperti Olen dan Puput, setiap bulan jalan-jalan.. keluarga super!! semoga dengan traveling banyak berkah dan pengalaman yg bisa dinikmati Oliq untuk bekal dewasa nanti yaa…. pastinya uda gak bakal mabok darat, laut dan udara ya Oliq 😛