Mengenal Candi-Candi di Sekitar Prambanan


Kompleks Candi Prambanan yang terletak di perbatasan antara Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah bukan satu-satunya objek yang layak dikunjungi. Ada banyak candi lain yang dapat menjadi tujuan wisata. Memang, candi-candi lain tersebut lebih kecil, namun juga indah dan sangat menarik. Uniknya, walaupun Prambanan adalah candi Hindu, banyak candi yang berada di sekitarnya merupakan candi Buddha.

Ini hanyalah tulisan rangkuman, karena kami sudah banyak menulis tentang candi-candi di seputaran Prambanan dengan lebih detail dan akan ditautkan dalam tulisan ini.

1. Candi Kalasan

IMG_2670

Candi Kalasan atau Candi Tara merupakan candi Buddha tertua di Yogyakarta. Candi sangat mudah diakses karena hanya terletak beberapa puluh meter dari Jl Yogya-Solo. Dari jalan pun langsung kelihatan puncaknya. Candi Kalasan ini dibangun oleh konseptor yang sama dengan yang membangun Borobudur, yaitu Rakai Panangkaran. Candinya sendiri hanya satu yang berdiri tegak, cukup besar. Batu-batu candi masih banyak yang berserakan di sekelilingnya.

2. Candi Sewu

Candi Sewu terletak di dalam kompleks Candi Prambanan, namun sering terlupakan. Letak candi ini di bagian belakang, terlihat langsung dari pintu belakang. Sayangnya jaraknya cukup jauh dari candi-candi utama Prambanan, sehingga pengunjung biasanya tidak ke mari. Saya berusaha untuk masuk lewat pintu belakang (untuk menghindari berjalan jauh dari Prambanan), namun ternyata tidak diizinkan.

3. Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul

Candi ini terletak beberapa ratus meter dari Prambanan, ke arah utara, dilanjutkan ke timur. Candi yang terdiri dari dua kompleks ini berada di wilayah administratif Kabupaten Klaten. Kompleks Candi Plaosan Lor termasuk salah satu favorit saya di wilayah ini. Kompleksnya cukup besar dengan dua candi utama. Masih banyak batu yang menunggu dipugar, bila selesai pasti sangat besar dan bagus. Candi Plaosan Kidul lebih kecil, hanya berjarah 3 menit berjalan kaki.

4. Candi Sari

Candi Sari tampak samping
Candi Sari tampak samping

Candi ini sebenarnya cukup besar dan sangat mudah diakses. Berada beberapa puluh meter dari Jl Yogya-Solo ke arah utara. Sayangnya, tampaknya candi ini kurang dikenal padahal cukup bagus. Kompleks Candi Sari langsung berbatasan dengan perumahan penduduk.

5. Candi Sambisari

IMG_2639

Candi Sambisari terkenal karena letaknya berada lebih rendah daripada permukaan tanah sekitarnya. Candi ini merupakan salah satu candi yang dulu terkubur lahar dari letusan Gunung Merapi. Candi Sambisari berada di utara Bandara Adisutjipto, ada tanda cukup jelas. Bila bingung, penduduk lokal pasti akan membantu Anda.

6. Candi Gebang

IMG_2577

Candi terkecil yang ada di seputaran Prambanan (tapi masih lebih besar daripada Candi Cangkuang di Garut). Walau kecil, tamannya dibuat besar dan tertata rapi, jauh lebih bagus dibanding ketika saya berkunjung beberapa belas tahun silam. Maklum saja, candi ini hanya berjarak sekitar 1-2 km dari rumah orangtua saya.

7. Istana Ratu Boko

Gate of Ratu Boko complex
Gate of Ratu Boko complex

Istana Ratu Boko terletak di atas perbukitan, di sebelah selatan Prambanan. Kompleks ini pengelolanya sama dengan Prambanan, dijadikan satu paket kunjungan bila mau. Tiket masuk Rp 20 ribu, termasuk yang paling mahal dibanding kompleks candi lain yang tarifnya antara 2-5 ribu. Paling bagus waktu matahari terbenam.

8. Candi Barong

???????????????????????????????

Kompleks Candi Barong termasuk besar walau candinya kecil-kecil. Letaknya juga berada di arah selatan Prambanan, naik bukit. Candi Barong adalah Candi Hindu, bangunan punden berundak dengan teras bersusun tiga.

9. Candi Ijo

Di seputaran Prambanan, candi ini terletak di lokasi yang paling tinggi, yaitu di atas Bukit Gumuk Ijo. Aksesnya agak sulit, walaupun jalan beraspal namun kondisi jalan banyak berlubang. Di wilayah ini banyak penambangan batu. Candi ini termasuk salah satu favorit saya karena posisinya yang memang luar biasa. Di sekeliling hanya terlihat hijaunya daerah sekitar. Bonusnya adalah melihat langsung landasan Bandara Adisutjipto. Kabarnya, landasan bandara tidak dapat diperpanjang karena adanya Gumuk Ijo ini. Ketika ke sini tahun lalu, tidak dipungut biaya. Hanya saja, pengunjung wajib lapor pada penjaga. Tentunya bisa memberi sumbangan bila mau.

10. Candi Banyunibo

???????????????????????????????

Kompleks candi kecil 200 meter dari Candi Barong. Di depannya mengalir sebuah sungai kecil. Di halaman candi terdapat arca lembu yang tengah duduk.

11. Candi Sojiwan

Taman yang indah dan asri di kompleks Candi Sojiwan
Taman yang indah dan asri di kompleks Candi Sojiwan

Candi Buddha mungil tidak jauh dari Prambanan. Candi ini termasuk yang paling baru dipugar, baru diresmikan pada tahun 2011. Walaupun kecil, taman di sekitarnya terawat rapi dan cantik.

12. Candi Sumberwatu

Candi Prambanan terlihat dari Sumberwatu
Candi Prambanan terlihat dari Sumberwatu

Candi ini belum dikenal, karena memang belum diresmikan. Saat cerita ini ditulis, candi masih dalam proses pemugaran. Candi Sumberwatu terletak di samping Sumberwatu Heritage (di dalamnya ada Restoran Abhayagiri – lokasi sempurna untuk melihat Candi Prambanan dari kejauhan).

Ada beberapa candi yang hanya dasar/kaki candinya saja, misalnya Candi Bubrah, Candi Kedulan, Candi Kadisoka.

Mari turut lestarikan budaya bangsa besar ini. Ayo ke candi!

Disclaimer: semua foto dokumentasi pribadi kami, baik yang sudah dipublish di blog maupun di Yahoo Travel.

Advertisements

14 thoughts on “Mengenal Candi-Candi di Sekitar Prambanan”

    1. Ini yang ditulis kebanyakan di Jogja mak, walau ada beberapa yang di Klaten, perbatasan. Pokoknya dekat banget sama Prambanan. Kalo di Jateng ada kelompok Candi Dieng, Gedong Sanga, sama Candi Sukuh yang mirip Chitchen Itza di Karanganyar Solo.

      Like

  1. salam kenal mak,
    waw… jadi pengen ke Jogja lagi nih… ngeliat candi2 ini, emang banyak banget candi kecil di sana yang menanti didatangi..
    request candi yg di kampus itu dong mak.., katanya keren sekarang ya

    Like

    1. Salam kenal juga mak Monda. Iya banyak banget candinya dan bagus2. Yang di UII aku malah belum pernah ke sana. Coba lain kali kalo pas mudik mampir ke situ.

      Like

    1. terakhir ke sambisari emaang lagi pas puanas-puanase jadi kering semua mei. Aku rekomen candi plaosan itu gede kompleksnya. terus suka ada gerobak sapi tradisional nongkrong di depannya. Kalo mau liat prambanan dari jauh ke sumberwatu aja. bagus deh lokasinya. mereka lagi bangun villa juga

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s