Indahnya Pantai-Pantai Gunungkidul


Siapa menyangka kabupaten di wilayah selatan DIY yang dulunya sering dikabarkan kekurangan air kini ijo royo-royo, ramai, dan sangat berkembang. Perkembangan utama yang kasat mata adalah dalam bidang pariwisata. Jaman saya kecil dulu, pantai di Gunungkidul ya tahunya cuma Baron, Krakal, Kukup, lha sekarang kok buanyaaak banget yang baru. Kabarnya ada sekitar 48 pantai (and counting!), saya baru ke 13 pantai. Di bawah ini ringkasannya sesuai abjad:

Pantai Baron– Pantai lama yang menjadi gerbang masuk ke pantai-pantai di wilayah Gunungkidul.

Pantai Indrayanti – Nama resminya Pantai Pulang Syawal. Merupakan pantai paling populer saat ini. Pantainya bersih, indah, namun bibir pantai sempit. Selalu overcrowded saat liburan. Di sini banyak kafe-kafe dan payung-payung yang disewakan, meniru seperti di Bali atau Phuket. Pantai ini tepat di seberang jalan, saat pasang air bisa sampai ke jalan raya. Hindari Pantai Indrayanti saat libur sekolah, macet total.

Pantai Krakal, berbatu
Pantai Krakal, berbatu

Pantai Krakal – Pantai lama juga, pantai pasir putih dengan karang-karang besar sesuai namanya (krakal = kerikil besar).

Senja romantis Kukup
Senja romantis Kukup

Pantai Kukup – Salah satu pantai lama yang paling indah, menurut suami saya lho. Karang-karangnya besar, cocok juga untuk melihat matahari tenggelam.

Replika stupa di Pantai Ngobaran
Replika stupa di Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran – Seperti pantai-pantai di Uluwatu, dengan tebing curam.  Pantainya sendiri seperti Suluban, banyak karang yang membentuk kolam-kolam. Sangat indah. Di atas terdapat rumah ibadah beberapa agama, serta patung-patung, dan replika stupa.

Perahu nelayan di Pantai Ngrenehan
Perahu nelayan di Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan – Sebuah pantai nelayan di dekat Ngobaran. Pantainya biasa saja dibandingkan tetangganya, Ngobaran, tapi warna warni perahu bagus juga untuk objek foto.

Bercinta di Nguyahan - halah!
Bercinta di Nguyahan – halah!

Pantai Nguyahan – Pantai kecil di sebelah Ngobaran, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Berpasir, enak untuk bermain.

Pantai Pok Tunggal dari atas bukit
Pantai Pok Tunggal dari atas bukit

Pantai Pok Tunggal – Pantai terindah di Gunungkidul yang pernah saya datangi. Pasir putih bersih (tapi pasirnya tidak halus). Di sisi kanan kiri terdapat tebing yang diberi gazebo-gazebo. Pemandangan dari atas luar biasa. Masih lumayan sepi. Dari jalan raya masuk lewat jalan cor-coran dan jalan tanah sekitar 500 m. Tiket masuk masih belum ditentukan, hanya donasi.

Kepiting raksasa yang menggoda di Pantai Sadeng, Gunung Kidul
Kepiting raksasa yang menggoda di Pantai Sadeng, Gunung Kidul

Pantai Sadeng – Pantai favorit kami untuk makan seafood. Sayang jaraknya sajak ngaluk-aluk karena berada di ujung timur. Kepiting di sini murah dan guriiiiih. Lobster juga banyak.

9 month 8 days at Siung Gunungkidul
9 month 8 days at Siung Gunungkidul

Pantai Siung – Salah satu pantai baru yang pertama kali go national. Di sisi-sisinya terdapat tebing karang yang sering digunakan untuk rock climbing.

Kalau Indrayanti sesak, silakan mlipir ke Somandeng (atau Somendang sih?)
Kalau Indrayanti sesak, silakan mlipir ke Somandeng (atau Somendang sih?)

Pantai Somandeng – Di sebelah Indrayanti persis, jadi kalau Indrayanti kepenuhan meluapnya ke Somandeng. Di sini juga banyak kafe dan ada penginapan. Pantai berpasir putih.

Pantai Sundak – Sundak berasal dari kata “asu”  (anjing) dan “landak”, sesuai mitos tentang pantai ini. Salah satu pantai lama juga yang sudah well-established dengan kios-kiosnya. Sekarang agak ditinggalkan karena banyak pantai baru.

Pantai Wediombo saat surut
Pantai Wediombo saat surut

Pantai Wediombo – Pantai ini berada di sebelah Siung, ketika ke sini air laut surut sehingga membentuk pulau-pulau pasir yang sangat lebar. Dari tempat parkir pengunjung harus turun beberapa puluh anak tangga untuk sampai di bibir pantai. Nggak jauh banget kok, saya yang hamil 9 bulan 8 hari aja kuat.

Untuk keterangan lebih lanjut, klik tautan-tautan yang sudah saya berikan, bila ada. Pe-er berikutnya adalah mengunjungi pantai-pantai lain, masak baru 13, ngisin-isini!

Advertisements

9 thoughts on “Indahnya Pantai-Pantai Gunungkidul”

      1. kalau di catatan saya, ada 56 pantai :mrgreen:
        karena pantainya rata2 berdekatan tak perlu sampai 4 tahun mas
        saya 3 hari bisa ke 16 pantainya. belum termasuk pantai2 kecil yang gak tau namanya 🙂

        Like

  1. Pantai Somandeng bnr2 Kutanya Jogjakarta….apalg msh baru dr pntai2 di sekitarnya…jd bnr2 fresh..,nginep smlm udh puas bngt…,mknannya jg manthabs…yg jls msh trjangkau soal harga…^_^ TOB lah…

    Like

    1. Sebenarnya kalo gunungkidul masih lebih mending daripada pantaai2 jawa barat lho. Tinggal masuk2nya aja yang memang masih belum mulus aspalnya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s