Menyeberangi Selat Bali Menggunakan Kapal Ferri


Kecuali para backpacker, biasanya untuk liburan ke Bali orang-orang lebih memilih menggunakan pesawat terbang daripada kapal karena tentu saja lebih cepat dan tidak perlu menguras tenaga.  Bagi yang berdomisili di Jawa Timur mungkin perjalanan memang tidak terlalu jauh tapi bagi saya yang tinggal di Jogja, perlu 18 jam menggunakan bis untuk sampai di pelabuhan Ketapang. Dan memang tentu saja perjalanan tersebut cukup melelahkan. Namun bagi anda yang memang berniat untuk backpacking atau yang ingin merasakan sensasi yang berbeda untuk liburan, tidak ada salahnya mencoba wisata ala backpacker ini. Jika anda berdomisili di Jogja seperti saya, untuk menuju pelabuhan Ketapang anda dapat memilih transportasi umum seperti bis atau kereta api, bisa juga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

kapal Feri penyeberangan Ketapang-Gilimanuk
kapal Feri penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Jika anda memilih kereta api, anda bisa naik kereta api ekonomi jurusan Banyuwangi cukup dengan Rp 39.000 saja. Kemudian bisa dilanjutkan menggunakan angkot untuk menuju ketapang sama halnya jika anda menggunakan bis. Jika anda menggunakan motor pribadi memang akan memakan waktu lebih lama karena anda akan lebih sering untuk berhenti beristirahat di jalan. Namun keuntungannya adalah, anda tidak perlu menyewa motor lagi ketika sampai di Pulau Dewata. Kebetulan kali ini saya ke Bali dengan menggunakan bis, namun bukan bis umum tetapi bis carter karena saya kali ini pergi rombongan.

suasana di dalam kapal
suasana di dalam kapal

Karena kami pergi bukan dalam masa liburan anak sekolah maka kami tidak perlu mengantri kapal untuk menyeberang. Ketika berjalan menuju dermaga, saya melihat banyak sekali anak-anak seusia SD-SMA sedang berenang-renang minta dilempari uang oleh kami para penumpang kapal. Sampai diatas kapal saya iseng-iseng berkeliling dan ngajak ngobrol seorang bapak-bapak. Dari situlah saya tau tarif naik kapal feri ini dan saya tidak menyangka ternyata cukup murah. Tarif per orang tanpa membawa kendaraan adalah Rp 6.000 sedangkan orang plus motor Rp 16.000 cukup murah bukan?

cara mengenakan jaket pelampung
cara mengenakan jaket pelampung
narsis sedikit :)
narsis sedikit 🙂

ukuran kapal memang tidak terlalu besar, berbeda dengan kapal penyeberangan Merak-Bakaheuni ataupun kapal-kapal yang menuju Kalimantan. Namun fasilitasnya cukup memadai, seperti jaket pelampung, sekoci penyelamat jika tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jika anda lapar anda juga dapat membeli makanan di kantin kapal yang biasanya menyediakan makanan instan seperti Mie Cup walaupun memang harganya lebih mahal dibanding makanan di luar. Selama 30 menit perjalanan dapat anda manfaatkan untu beristirahat di dalam kapal, setelah menempuh perjalanan jauh ataupun anda dapat keluar untuk menikmati pemandangan laut, beruntung jika anda dapat menyaksikan sunset di laut.

 

Advertisements

24 thoughts on “Menyeberangi Selat Bali Menggunakan Kapal Ferri”

    1. kalo niat backpacker mungkin jatohnya nggak terlalu mahal, tapi memang perjalanannya akan jauh lebih melelahkan. hehehe 😀

      Like

  1. Saya akan mencoba melakukan liburan dengan ala backbpacker dari bandung ke pulau dewata bali…. Hehehe 😀 makasih mba infonya…. Sangan berguna bagi saya dan teman teman…. Hehe 😀
    Tapi ntar ada pemeriksaan ktp nggak tuh mba? Hehe

    Like

  2. Mohon infonya, saya rencana mo kbali lg tp x ni mo pakai motor dr jateng. Yg jd pertanyaan krn ini prtama x saya pergi atur sendiri segalanya dng jalur drt:
    1. Ketika sampai dpelabuhan ketapang apa motor langsung masuk saja ke area halaman tunggu kendaraan tanpa dipungut biaya masuk?
    2. Skrg saya cek tarif motor 25rb itu bayarnya langsung ketika sudah di dlm kapal atau di area pelabuhan ada yg jual tiket dbeli dluar kpl?
    3. Jd klo nyebrang kbali pakai motor hitungannya motor+orangnya atau 25rb all in motor+pemiliknya?

    Mohon bantuan infonya. Trima kasih.

    Like

  3. Mohon infonya, saya rencana mo kbali lg tp x ni mo pakai motor dr jateng. Yg jd pertanyaan krn ini prtama x saya pergi atur sendiri segalanya dng jalur drt:
    1. Ketika sampai dpelabuhan ketapang apa motor langsung masuk saja ke area halaman tunggu kendaraan tanpa dipungut biaya masuk?
    2. Skrg saya cek tarif motor 25rb itu bayarnya langsung ketika sudah di dlm kapal atau di area pelabuhan ada yg jual tiket dbeli dluar kpl?
    3. Jd klo nyebrang kbali pakai motor hitungannya motor+orangnya atau 25rb all in motor+pemiliknya?

    Mohon bantuan infonya. Trima kasih 🙂

    Like

    1. 1. Ada parkiran khusus buat motor yg nunggu kapal buat nyebrang
      2. Bayarnya di loket, bukan di kapal
      3. Wah agak gak yakin kalo ini, rasanya harus bayar orang juga…

      Like

  4. Nah saya masih umur 17 thn, tpi blum ada KTP yang mau ke bali .. trus gmn waktu nyebrang apa di izinkan, klo bawa kartu pelajar gmn ? Hehehe brmksd untuk lburan

    Like

  5. Butuh banget infonya, plisss..
    Saya dari bogor ada planning mau ke bali naik motor, sedangkan pajak motor mati, tapi kalo stnk,sim,ktp mah ada.
    Apakah benar.. Kalo pajak motor mati, ga boleh nyebrang/masuk bali??
    Makasih

    Like

      1. Mas sy ada rencana naik kreta dr jkt ke banyuwangi.. nanti stelah d banyuwangi sy naik bis dr mana yah utk mnuju bali? Tks

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s