Camera review : Kamera saku (pocket camera) digital di bawah 1,5 juta rupiah


Setelah sebelumnya saya membahas kamera saku di bawah 2 juta rupiah, sekarang saatnya kita beralih ke kelas di bawahnya, yaitu di antara 1 juta hingga 1,5 juta rupiah. Ya, rentang harga ini bisa dibilang kelas favorit bagi sebagian besar pengguna kamera saku / pocket. Meskipun harganya relatif murah, kini kamera saku / pocket digital kelas ini sudah cukup canggih dan bisa menghasilkan gambar yang indah. Walaupun kini banyak orang mulai beralih mengandalkan kamera ponsel / handphone, namun tak bisa dipungkiri kamera saku masih memiliki banyak kelebihan dibanding kamera ponsel, salah satu yang paling utama adalah kualitas foto yang dihasilkan dan adanya zoom optik meskipun dari kamera saku yang harganya relatif murah. Mengingat banyaknya kamera dari berbagai produsen di kelas ini (Rp 1-1,5 juta), panduan berikut layak Anda simak :

1. Canon Ixus 132

ixus132-b1
Canon Ixus 132

Pada saat tulisan ini dibuat, kamera ini masih relatif baru memasuki pasar Indonesia. Meskipun ukurannya kompak, namun kamera ini memiliki rentang zoom cukup lebar, yaitu 8x (28 – 224 mm ekivalen, dengan bukaan f3.2-6.9). Bahkan bila zoom optik ini masih kurang, Anda bisa memanfaatkan ZoomPlus hingga 16x. Pada dasarnya, teknologi ini adalah zoom digital yang lebih canggih sehingga gambar yang diperbesar lebih detil dibanding zoom digital biasa. Dengan sensor CMOS 16,1 megapiksel, kamera ini memiliki ISO dari 100 hingga 1600, cukup untuk penggunaan sehari-hari. Kualitas gambarnya tajam dan cerah, khas Canon, dengan tingkat noise rendah untuk ukuran kamera saku di kelas ini. Fitur yang menarik adalah adanya Eco mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar LCD bila tak digunakan sehingga konsumsi batere akan dihemat. Kamera ini juga memiliki filter kreatif yang pastinya akan digemari anak muda yang hobinya mengunggah foto di media sosial. Kamera ini sanggup memotret terus-menerus (continous drive) hingga 2 fps (frame per second), lebih tinggi dari kamera lain di kelasnya yang rata-rata hanya 1-1,5 fps. Dengan segala kelebihannya, kamera ini hanya dibanderol Rp 1.325.000.

2. Sony Cyber-shot DSC W730

ZYLEFT-LG
Sony Cyber-shot W730

Rekomendasi berikutnya adalah kamera keluaran Sony. Kamera ini memiliki spesifikasi mirip dengan Canon Ixus 132, yaitu memiliki sensor CCD 16,1 Megapiksel, 8x zoom optik dengan lensa Carl Zeiss (28-224 mm ekivalen untuk format gambar 16:9, atau 25-200 mm ekivalen untuk format gambar 4:3), dengan bukaan f3.3-6.3. Bedanya kamera ini menggunakan sensor CCD yang menghasilkan noise yang lebih tinggi. Namun, kamera ini memiliki setting ISO hingga 3200, lebih tinggi dari Canon Ixus 132. Fitur yang menarik di kamera ini adalah Sweep Panorama, yaitu gambar panorama yang bisa dihasilkan langsung di kamera dengan hanya memencet tombol shutter dan “menyapu” area yang akan difoto. Ada pula fitur Beauty Effect yang bisa memanipulasi gambar wajah dengan mengubah warna dan menghaluskan kulit, memutihkan gigi, melebarkan mata, dan mengurangi kilap. Cocok buat Anda yang narsis atau gemar memotret model. Harga kamera ini adalah Rp 1.415.000.

3. Panasonic Lumix DMC-FH6

Panasonic Lumix DMC FH6
Panasonic Lumix DMC FH6

Urutan selanjutnya adalah kamera produksi Panasonic. Kamera ini juga menggunakan sensor CCD, namun dengan resolusi lebih rendah 14,1 megapiksel. Lensa menggunakan Leica dengan zoom optiknya lebih rendah, hanya 5x (24-120mm ekivalen), namun dengan bukaan lebih lebar f2.5-f6.4. Ini berarti kamera ini lebih cocok untuk Anda yang sering memotret di kondisi gelap atau remang-remang. Panasonic juga menawarkan extra optical zoom hingga 10,5x, namun dengan resolusi hanya 3 megapiksel. Adapula tambahan Intellegent Auto Zoom (iA Zoom) hingga 10x. Fitur ini mirip dengan fitur ZoomPlus di Canon. Kamera ini juga bisa menghasilkan gambar panorama langsung di kamera dengan cara mengambil beberapa gambar secara bersambung (overlap) untuk kemudian disatukan oleh kamera. Setting ISO standar dari 100-1600, namun bisa juga disetting hingga 6400, namun kualitas gambarnya akan sangat buruk dengan noise sangat tinggi. Kelebihan lain adalah adanya memori internal hingga 70 MB, bisa dibilang bonus yang jarang ada. Kamera ini dihargai Rp 1.420.000

Ketiga kamera diatas memiliki image stabilizer di lensa yang lebih bagus dibanding stabilizer dengan metode sensor shift. Selain itu, ketiganya juga memiliki fitur video yang sama, yaitu 1280 x 720 piksel pada 30 fps. Tentu saja, Anda bebas menentukan pilihan berdasarkan kebutuhan Anda, tulisan ini hanyalah sebagai panduan sederhana bagi Anda yang masih bingung menentukan pilihan mengingat banyaknya produk kamera di kelas ini. Harga diambil dari situs www.jpckemang.com pada 20 April 2013 pada saat kurs 1 USD = Rp 9700. Ingat, harga bisa berubah-ubah, tergantung kurs, lokasi, dan kebijakan tiap produsen dan toko.

Anda juga bisa menyimak tulisan mengenai tips memilih kamera saku di sini.

Tulisan tentang kamera saku waterproof di bawah 2 juta rupiah bisa ditengok di sini.

About these ads

149 thoughts on “Camera review : Kamera saku (pocket camera) digital di bawah 1,5 juta rupiah”

  1. Klo canon ixus 132 jika dibandingkan dengan ixus 115 hs bagusan mana mas put?
    Klo dengan canon powershot a4000 juga?
    oia mas beda seri ixus sama powershot itu apa ya?
    Apakah cm pemakaian sensornya aja ixus=CMOS; powershot=CCD

    Like

    1. Bagus Ixus 115 daripada ixus 132 dan powershot A4000, cuma memang harga lebih mahal, dan sepertinya sudah sulit dicari di Indonesia… Ixus untuk kamera yang simpel, tidak banyak pengaturan, sementara powershot umumnya masih ada mode manual P/A/S (Program / Aperture / Shutter), cocok untuk fotografer sudah mahir… Bukan masalah sensor CCD atau CMOS

      Like

      1. tergantung kebutuhan… ixus 135 menang di zoom, tapi ixus 130 bukaan lensa lebih lebar dan image stabilization lebih bagus… kalau untuk foto low light lebih bagus ixus 130…

        Like

  2. Beauty effect bisa menghilangkan jenggot dan memendekkan rambut ga? kalo iya, belikan dong biar suami saya keliatan lebih ganteng.

    Like

  3. Mas put..tambah bingung saya milihnya -_- ..saya pny anak baru 3 bulan dan lagi lucu”nya saya suka foto dan rekam vidionya..tapi lucunya aktifitasnya selalu malam jd cuma pake pencahayaan lampu aja..budget 1-1,3jt..kira” apa rekomendasinya mas puput? Trimakasih

    Like

    1. Wah emang susah tuh… Pake ixus 132 udah bagus kalo cari di harga 1,3 jt an… Tp coba nanti aku liat lagi, ada yg lebih bagus buat low light ga…

      Like

    2. Pake ixus 132 udah lumayan untuk harga 1,3 jt an.. Tp nanti aku liat lagi, ada yg lebih bagus untuk low light ga…

      Like

      1. saya cek di kemang..harga ixus sama sony cuma beda 90 ribu..tapi sony ada bonus sdhc 8 giga sama LCS ..jadi bingung mas..sebenernya fitur meurut mas puput bagusan amana?

        Like

      2. kalo fitur lebih bagus sony sih… ambil sony aja kalo dah dapet sdhc 8 GB sama LCS, kecuali kalo emang agamanya Canon…

        Like

    1. Ixus 132 menang 8x zoom, a2400 cuma 5x, tapi bukaannya lebih besar a2400, yaitu f2.6 sementara ixus 132 cuma f3.2 . Ixus 132 juga punya mode potrer lebih banyak dibanding a2400. Jadi keseluruhan memang lebih bagus ixus 132, tp memang harganya lebih mahal

      Like

  4. Oh waawww saya jd bingung, antara Sony sm Canon. Dan lagi, saya masih bener2 ndeso urusan kamera, mas :p
    How about the flash? Kadang sy suka foto2in di tempat yg remang2 atau gelap gitu.
    Saya pgennya sih cenderung ke Canon, tp Sony jd terlihat lebih menggiurkan, aplg ada Beauty effect nya :D
    Lebih rekomendasi yg Canon atau Sony mas?

    Like

    1. Kalo menurutku, sensornya msh lebih bagus Canon, tp fitur2 lebih banyak Sony… tinggal masalah selera dan kelas yg dipilih, ada yg bagus Canon, ada yg bagus Sony…

      Like

  5. Mas tanya donk…..Ak blaazzz ga ngerti soal camera & ga mahir foto :)
    Ak mo beli camera pocket, budget max. 2jt ok lah…..yg recomended ap yaa?? (Org tua gampang pakainya jg)
    Awal pngen Canon A3300….tp dkasih lg pilihn brand Lumix or Olympus yg ktanya lbh ok
    Klo Lumix DMC-TZ20 hrg nya brp yaa, ok ga tuh??
    Thx yaa

    Like

    1. Lumix TZ20 bagus, tp udah stop produksi diganti TZ30…Termasuk kamera zoom panjang dengan bodi kompak.. tentu saja harganya mahal, sekitar 3.5 juta. Rekomendasiku sesuai artikel aja, coba liat tulisan sebelumnya tentang kamera saku dibawah 2 juta. Ada juga yang bagus Nikon S9300, sekitar 1,9 juta.

      Like

  6. bang sebagai orang polos yang gak tau ttg perkameraan,hehe kalo saya search produk sony yang di atas kira2 bagusan mana ya bang sama keluaran 2013anya samsung yang tipe ST72 soalnya dengan harga agak dibawahnya sedikit saya rasa kok si samsung agak sedikit unggul. tolong penjelasanya bang karena semua kan pasi punya kelebihan dan kekurangan naaaaa kalo saya baca spesifikasinya saya ngelu bang….kagak paham…hehe mungkin abang bisa menjelaskan secara singkat dan menurut abang bagusan yang mana. thanks before and after….

    Like

  7. untuk bisa foto benda produk ukuran medium atau produk ukuran kecil…( misal foto display sepeda motor / gantungan kunci / botol obat dsb )….bagus pake apa? harga di bawah 1.5jt

    Like

    1. Cari yang makro paling bagus… aku tetep rekomen Canon Ixus 132, kalo bisa dapet Ixus 130 bagus juga dan lebih murah..

      Like

  8. mas put,
    mau nanya kamera yang mas put recommended untuk pemula belajar fotografi max 2jt apa ?? tapi belum mau pake slr ^^

    Like

  9. mas puput..
    mau nanya kamera yang mas puput recommended untuk pemula belajar fotografi max 2 jt apa tapi belum mau pake slr apa ??

    Like

    1. Coba aja Canon Powershot SX 160 IS … harga sekitar 1,6jt , zoom panjang, dan bisa mode manual, cocok kalo mau belajar tapi gak pake SLR…

      Like

    1. Kalo di jakarta aku rekomen di bursa kamera profesional, ada di benhill dan mal ambassador, sama jpc kemang.. yg penting beli canon yg garansi datascript, jadi servis dijamin canon indonesia

      Like

  10. mas,mau tanya. klo utk foto produk baju kamera yg cocok apa ya ? budget 1,5jtan. skrg pake kamera pocket tp hasil foto kuraang bagus,tdk seperti aslinya hehe.

    Like

    1. Maaf baru bales soalnya kemarin lagi tugas keluar…

      Kalo harga 1,5 jt rekomendasiku sesuai tulisan kamera saku dibawah 1,5 jt. Tapi kalo mau foto baju buat jualan, yg perlu diperhatikan masalah lightingnya… Pastikan cahaya sekitar cukup, kalo perlu pake lampu tambahan, soalnya kalo ngandelin flash kamera poket biasanya hasilnya kurang bagus…

      Like

  11. Mazz Broo….Antara Cam ini Ixus 125, 132, 135, 240…..yg plg ok yg mn yaa?? Hrg skitar brp yaakk??
    Cucok buat amatir kah?? hehehe :p :D
    Klo dgn Lumix….Mazz broo recomended mn??
    Thx before

    Like

    1. Kalo ixus makin tinggi serinya makin canggih dan mahal…jadi ixus 240 yg paling rekomen dibanding yg lain… Tapi ya tergantung kebutuhan aja. Kalo dibanding lumix, tergantung serinya yaa… Ada yg lbh bagus canon, ada yg bagusan lumix…

      Like

  12. mas puput saya mau nanya nih bingung sama merk canon dan sony,
    klo sony saya pengen dsc WX 100 dia udah mantep tp kegiur murah sm canon lumix:O
    kira”rekomendasi buat fhoto”arsitektur seperti bangunan jg fhto”alam dgn budget 2jt pilih mana ya,saya sih liat yg sony gk main”sama teknologinya keren punya
    .
    dan perbedaan lens G sama carlss zeisnya sony apa ya mas?

    Like

    1. Sony wx100 udah bagus kok… Lumix itu merknya panasonic ya, bukan canon.. Kalo canon ama sony, tergantung model sih, tapi dua2nya bersaing ketat di dunia fotografi. Kalo sony lens g atau carl zeiss sebenarnya relatif berimbang, dulu emang carl zeiss-nya sony lebih bagus, tapi sekarang sony lens g sudah mulai bisa bersaing dengan carl zeiss…

      Like

  13. Mas, nanya kalo IXUS 80IS itu sekarang masih produksi nggak? kalo sudah discontinued apa ya seri setelahnya ? kalo dibanding IXUS 240 HS, IXUS 500 HS , IXUS 132 dan Canon PowerShot A2600 bagusan mana yah? terimakasih mas..

    Like

  14. mas,kemarin tanya-tanya kamera, oleh yang jaga toko diberitahu kalau pocket camera lebih bagusan casio /panasonic tuh bener ndak mas put, kalo merek 2 tsb yang rekomend apa ya?? budget 1-1,5, makasih

    Like

    1. Wah jelas nggak, mungkin tokonya dapet komisi khusus dari casio/panasonic jadi dia bilang bagus… jawaban yg bener tergantung tipenya. Untuk harga dibawah 1,5 jt, aku rekomen Sony WX50 (tp barangnya udah susah dicari), Canon Ixus500, atau Nikon S3500 …semoga membantu

      Like

  15. salam kenal mas Puput, mohon pencerahan Sony WX50 vs Canon Ixus500 pilih mana dari segi ketajaman hasil foto utk low light & wide angle? lagi kesengsem promonya ixus500 nih :)

    Like

    1. Iya bagus, harganya jg udah didiskon jadi murah… agak beda ama 9200/9300, karena punya nikon kelasnya di travel zoom / super zoom

      Like

    1. tergantung kebutuhan sih… kalo ngejar low light atau foto bokeh, pilih WX50.. kalo nyari zoom panjang dan GPS, pilih S9300. Kedua kamera ini kelasnya beda, jadi agak susah dibandingin..

      Like

    1. sory telat balesnya.. sony w710 emg mirip w730, bisa dibilang versi downgradenya… zoom nya lebih pendek & gak ada lens image stabilization.. tapi lebih murah pastinya

      Like

  16. kalau budget 1,5 juta selain kamera diatas ada rekomendasi lain engga yah?
    terus kalau yg rekomendasi diatas antara ixus 132 dan sony W730 pilih mana yah?
    thanks..

    Like

  17. apakah CyberShot DSC-WX50 setimpal antara harga dan kualitasnya (sekarang 1.8jt’an) ? ngeliat review luar kayaknya noisenya gak terlalu over, penasaran

    Like

    1. Noise-nya masih wajar untuk ukuran pocket dengan ISO hingga 12800. Kalo foto normal, sampai 3200 masih rendah, di atas itu udah keliatan tapi kalo dibandingin kamera sekelasnya masih termasuk rendah…

      Like

    1. Kalo optikal memang perbesaran sesungguhnya dari kombinasi sususan lensa, sementara kalo digital cuma hasil perbesaran pixel yang diolah oleh prosesor kamera. Optikal lebih bagus dari digital, kalo digital cuma bikin gambar jadi pecah-pecah / pixelate…

      Like

  18. oya mas,saya mau beli pocket canon kisaran 1 juta – 1.3 juta,yang pengaturannya simpel/otomatis itu canon seri berapa? terimakasih mas

    Like

  19. mas, mau tanya apakah dengan banyak fitur/mode dlm scene selection (beach, snow dll) mempengaruhi hasil dan apakah ada hubungan dgn spesifikasi dasar dr kamera? n mau nanya juga apa bener klo merk sony stlh qt ambil foto hasil tampilan dilayarnya lbh lama dr pd merk lain? maaf banyak nanya…newbie nie…

    Like

    1. mode macem nature, portrait emg mempengaruhi hasil karena terkait warna, kontras, dll…beda setting jelas beda hasil. ada hubungannya, tapi bukan berarti makin banyak mode makin bagus ya…. Gak bener itu, mgk camera sony lama, aku pakai sony gak ada mslh kayak gitu kok

      Like

      1. oke..makasih infonya ya…. mau nanya lgi nie gpp kan…mana yg lbh recommended panasonic lumix dmc fh2, canon ixus 132, sony cybershot w730 utk foto outdoor (bagunan terutama) dan indoor?

        Like

  20. Mas Puput, mohon rekomendasinya. saya mau beli pocket camera, lebih prefer yang mana mas antara sony cybershot W 730 atau canon ixus 500?
    kalau antara canon ixus 500 Hs dengan canon ixus 132, lebih bagus yang mana? dan apa kelebihannya. Matur Suwun.

    Like

    1. aku lebih pilih Ixus500 dibanding 132 atau W730… sensor lbh bagus, zoom lebih panjang, bisa video full HD, cocok buat traveling…

      Like

      1. Terima kasih Mas Puput. Jadi makin yakin nich, waktu pertama kali liat langsung jatuh hati. apalagi bodinya logam :-)

        Like

  21. Permisi mau ikutan nanya nih mas, kalo canon powershot A4000 ma ixus secara umum bagusan mana mas? canon yang harganya di bawah 2jt tapi uda 8x optical zoom kira2 yang bagus tipe apa aja mas?Terima kasih sebelumnya :)

    Like

  22. mas ijin nanya, kalau dibawah 2juta kamera yg gambar outdoor bagus, jernih kalau dicetak dan batre agak tahan lama yang merk apa n tipe apa mas? thx u

    Like

    1. wah agak susah nih, gak bisa dapet semuanya… batere kamera saku standar sih, gak ada yg bener2 tahan lama…plg 200-300 shot. bs pilih Canon Ixus500, Sony W730

      Like

  23. mas,mau minta tolong rekomendasinya ne.
    harga 1 – 1,5 jt merk canon ato sony yang tipe apa ya…? yg hasilnya lebih bagus.
    kamera pocket ada shutter count nya ga?
    trus toko kamera yg murah n gada tipuan di bandung dmna ya ?.
    mkasi sbelumnya… salam jepret

    Like

    1. Antara Sony W730, Canon Ixus132, Ixus500… ada SC nya, tapi gak tahu gimana ngeceknya. Wah aku gak familiar ama toko kamera bandung, tahunya Jonas foto aja…

      Like

  24. Mas puput tanya dunk..
    q pgen beli camdig budget 2jutaan, klo misal dibandingkan lebih baik q beli yang mana ya, antara :
    1. Canon Ixus 255 HS
    2. Nikon Coolpix s02
    3. Nikon s9300
    tapi sebelumnya maaf ms puput, q sendiri bingung sebenarnya kamera yg kaya gimana yang q pengen, soalnya pengetahuan ku nol soal kamera, pengen yg bagus aja gtu ^_^.
    makasih

    Like

  25. mas untuk budget di bawah 1jt lbh bagus mana ya antara Canon A2500, nikon coolpix l28 dan nikon coolpix s3300? kayaknya saya lbh tertarik sama nikon s3300 karena ISOnya lbh tinggi dari dua lainnya.
    kalau menurut mas puput gmn?

    Like

      1. bagus bgt sih enggak, tp cukupan untuk ukuran kamera poket di kelas itu… di harga segitu, kayanya yg lain jg gak lebih bagus hasilnya…

        Like

    1. tergantung parameternya apa.. kalo lowlight bagus WX50 tapi kalo zoom, GPS, dan hi speed photo menang S9300. Iya, WX50 udah diskontinu jadi susah nyarinya..plg cari secondnya kalo mau..

      Like

  26. mas mau nanya saya mau beli kamera dengan budget 1,5 juta, diantara ketiga kamera dari artikel yang mas puput tulis yang bagus mana ya buat dipake untuk di laboratorium sama di lapangan kayak foto hewan atau tumbuhan

    Like

      1. Mas mau tanya saya ingin beli kamera digital pilih yang mana antara nikon S3500 atau canon A2500? apa keunggulan atau kekurangan dari masing2 kamera tersebut. Terima kasih mas

        Like

      2. kedua kamera ini mirip spek-nya… canon menang lensa bukaan lebar f2.8 vs f3.4, tapi kalah zoom 5x vs 7x. Selain itu mirip semua, jadi tergantung kebutuhan juga… kalo ngincer zoom panjang, beli nikon. Kalo ngincer foto malam, pilih canon.

        Like

      1. Mss mau nanya w730 kualitas gambarnya lbih tajem dri ixus 135? Trus aku mau nanya shutterspeednya bisa di atur gag mas triims….

        Like

      2. hampir sama sih, kalau kasat mata bisa dibilang sama. gak bisa diatur, kalo mau yg bisa diatur yg kelasnya diatasnya, biasanya harganya diatas 2 juta..

        Like

  27. mas put, numpang nanya yaa? bagusan mana antara sony cybershot dscw730, dscw810, canon ixus 135, dan samsung ecst150 dari spesifikasi dan kualitas gambar?

    Like

    1. sebenernya mirip2 aja sih… antara samsung st150 atau sony w810.. samsung menang wifi dan bukaan lebar. sony menang megapiksel dan ISO tinggi. Canon ixus135 menang zoom panjang, sampai 8x… tinggal kebutuhan aja sih

      Like

      1. nanya lagi ya mas put.
        antara sony dscw730, samsung st150, sony dscw810, dan canon ixus 135 untuk foto segala kondisi, menfoto orang, menfoto pemandangan, yang disaranin yang mana mas put?

        Like

  28. mas put, nanya ya?
    sony dscw730 dengan canon ixus 135 untuk pemrotetan dalam segala kondisi, untuk foto pemandangan, dan juga foto beramai-ramai, yang lebih baik mana mas put?

    Like

  29. mas puput klo buat foto ikan bagusnya pake apa? sony, samsung atau canon… keseringan moto di malam hari… harga di bawah 1,5jt . txs sebelumnya

    Like

  30. Salam kenal mas Puput, saya pengen beli kamera pocket harga dibawah 1.5jt buat foto produk dagangan online (paling penting), sekalian bsa buat foto klo liburan. Dan cukup terang hasilnya klo foto di malam hari. Ini saya lagi bingung antara Canon IXUS 145, Canon IXUS 155 dan Samsung DV-150f (ngiler karena ada dual camera dan udah wifi).
    Enakan pake yang mana ya mas? atau bisa kasih rekomendasi selain tipe itu?
    Terima Kasih

    Like

    1. samsung dv150 lebih cocok tuh kalo buat dagangan… wifinya membantu banget klo mau langsung aplot via handphone.. klo hasil fotonya sih mirip2 ketiga kamera yang disebut… di harga dibawah 1.5juta bisa dibilang kualitas gambarnya mirip2 aja

      Like

  31. Kalo aku masih pilih Sony W730, menang di lens stabilizer, zoom lbh panjang, dan lensa yg lebih bagus.. kalo samsung menang bukaan lebih lebar dan exposure lebih lama..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s