Kuliner Malam Khas Jogja

Setelah kemarin saya sempat membahas tentang wisata malam Jogja, bisa dibaca di sini . Kali ini saya ingin membahas kuliner malam khas Jogja. Pastinya kurang lengkap dong ya, kalau kita berwisata tanpa mencicip kulinernya. Nah, berikut ini adalah kuliner malam khas Jogja versi saya yang jangan sampai anda lewatkan jika berkunjung ke kota pelajar tercinta.

1. Angkringan

Malam minggu ngedate di mall? ah sudah biasa. Cobalah  untuk sekali-sekali dinner di  Angkringan, seperti saya yang seringkali menghabiskan malam minggu di angkringan. Selain murah meriah, suasananya terasa amat berbeda daripada mall yang crowded. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang di jual di angkringan.

angkringan dan pelanggannya

angkringan dan pelanggannya

Ya, nasi kucing memang menjadi menu andalan angkringan. Untuk mendampingi nasi kucing anda dapat memilih berbagai lauk seperti sate usus, sate telur puyuh, baceman ceker dan kepala ayam serta bermacam-macam gorengan. Untuk minuman, selain minuman standar seperti es teh dan es jeruk anda dapat menikmati STMJ (Susu Telur Madu Jahe) untuk menghangatkan malam minggu anda. Semua makanan dan minuman tersebut dihargai mulai dari Rp 500 sampai Rp 2.500 saja. Untuk angkringan yang cukup besar dan memiliki banyak lesehan anda dapat berkunjung ke angkringan pakualaman, angkringan yang terkenal lainnya adalah angkringan Lik Man yang terkenal dengan kopi joss-nya.

2. Kopi Joss

Anda tahu apa itu kopi joss? Ya, kopi joss ini bukan sembarang kopi seperti yang anda biasa minum di rumah. Apa sih istimewanya? memang pada dasarnya kopi yang digunakan adalah kopi hitam biasa namun yang lain daripada lain adalah kopi tersebut dicampur dengan bongkahan arang yang masih membara. Itu lah mengapa dinamakan kopi joss, karena ketika arang dicemplungkan ke dalam segelas kopi akan berbunyi “josssss” :D.

kopi joss

kopi joss

Tentu saja sebelum anda minum, anda harus menyingkirkan arangnya terlebih dahulu. Penambahan arang ke dalam kopi semata-mata untuk membuat kopinya lebih matang, awet hangat, dan terasa enak. Warung yang terkenal menyajikan kopi joss adalah angkringan Lik Man, yang terletak di sebelah utara stasiun Tugu. Cukup dengan Rp. 2000 saja. Tertarik mencoba?

3. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa ini juga merupakan salah satu makanan khas Jogja favorit saya. Bakmi Jawa ini sebenarnya adalah mie yang dimasak dengan telur bebek di atas bara arang, sehingga menciptakan citarasa, aroma, dan tekstur yang khas. Isinya adalah rajangan kol dan suwiran ayam goreng. Ditaburi dengan bawang merah goreng. Kuahnya yang segar membuatnya nikmat sekali jika dinikmati pada malam hari.

bakmi jawa rebus

bakmi jawa rebus

Di Jogja ini memang banyak sekali pedagang bakmi jawa, mulai yang kecil-kecilan hanya dengan gerobak sampai yang sudah memiliki warung yang ternama. Warung bakmi jawa yang terkenal di Jogja diantaranya adalah Mbah Mo yang terletak di dekat Kali Code, bakmi Pak Pele yang letaknya hanya beberapa meter dari Keraton Ngayogyakarta, bakmi Kadin terletak di daerah Bintaran Kulon, dan juga bakmi Pak Geno yang dulunya merupakan langganan mantan presiden Soeharto yang memang penggemar mie jawa. Pada dasarnya semua rasa bakmi jawa enak, tapi bila ditanya masalah selera tentu saja bakmi jawa Pak Rebo tetap yang menjadi favorit saya. Namanya memang belum seterkenal warung bakmi lainnya, namun rasanya juara. Di Warung bakmi Pak rebo ini, setiap porsi dimasak sendiri-sendiri. Jadi walaupun anda memesan menu yang sama, tetap memasaknya secara terpisah. Mungkin itulah yang membuat cita rasa bakmi warung ini tetap terjaga. Bagaimana, tertarik? anda dapat mengunjunginya di daerah Kintelan, tepatnya di Jl. Brigjen Katamso.

4. Oseng-oseng Mercon

Bagi anda pecinta masakan pedas, jangan pernah melewatkan kuliner yang satu ini. Melihat dari namanya anda pasti sudah paham dengan rasanya, karena pedasnya oseng-oseng mercon ini seakan-akan meledak ledak di mulut anda seperti mercon :D.Lalu apa sih sebenarnya Oseng-Oseng Mercon itu? ini adalah masakan bumbu oseng-oseng biasa, tetapi isinya didominasi oleh tetelan sapi dan tentu saja cabe yang dimasak menggunakan bumbu rempah yang cukup kental rasanya.

oseng-oseng mercon yang sedap

oseng-oseng mercon yang sedap

Saya sebagai pecinta masakan pedas bahkan super pedas tidak pernah bosan untuk makan masakan yang satu ini. Kalau orang jawa bilang masakan ini sangat nglawuhi atau sangat pas jika disantap dengan nasi putih yang hangat. Ingin mencoba? Datanglah ke kawasan Jl Ahmad Dahlan (dari arah Malioboro lurus saja hingga perempatan nol KM kemudian belok kiri) maka akan Anda temukan sejumlah warung lesehan yang menjual Oseng-Oseng Mercon. Warung oseng-oseng mercon yang legendaris adalah warung Bu Narti yang terletak di depan SMA Muhammadiyah 5, di  jalan yang sama. Untuk harganya berkisar antara Rp 7.000 – Rp 12.000 per porsi tergantung warung masing-masing.

5. Lesehan Malioboro

photo by: panoramawisatadotcom

photo by: panoramawisatadotcom

Inilah ciri khas Jalan Malioboro pada malam hari, yaitu warung-warung lesehan yang dapat anda temui di sepanjang Jalan Malioboro. Kebanyakan warung menggunakan alas tikar dan meja pendek. Lesehan memang artinya duduk santai di lantai. Menu dari warung-warung ini mulai dari bebek goreng, ayam goreng, ayam panggang, burung dara goreng, sate, pecel lele, seafood dan tak lupa gudeg Jogja.Untuk perhatian saja, cobalah anda datangi lesehan yang memajang daftar harganya supaya Anda bisa memperkirakan uang yang akan anda keluarkan untuk makanan tersebut. Sebab memang ada warung lesehan yang tidak memasang harga dan ketika membayar membuat pembeli terkejut karena makanan yang mahal. Harga memang biasanya lebih mahal dibandingkan dengan lesehan tempat lain di Jogja. Namun di Malioboro ini selain makan malam, Anda sekaligus menikmati kawasan wisata yang memiliki daya pikat dan ciri khas-nya sendiri. Diiringi seniman-seniman jalanan Jogja, santap malam Anda akan terasa lebih indah.

8 comments to Kuliner Malam Khas Jogja

  • Palea Lemmaya  says:

    Ah kapan ya bisa k jogja???

  • pamungkaz.net  says:

    jogja tuh emang selalu ngangenin.. mulai dari tempat wisata sampai kulinernya pokoknya ajibbbb dah heheehe

    • olenkapriyadarsani  says:

      murah lagi :D

  • RENTAL MOBIL Yogyakarta  says:

    Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT,
    SUKSES SELALU.

    Dari:
    Alif Group (Car’ n Motor cycle Rental)
    http://rentalmobilyogyakarta.blogdetik.com/
    0274 – 6959 520 (Flexi), 0274 – 743 4961 (Flexi), 0878 6053 4593 (XL)

  • dausyioutfits  says:

    haloo Kak Adel baik. kami dari WorldFood Resto secara spesial mengundang panjenengan untuk main di tempat kami.

    Kami Restoran yg menyediakan makanan terbaik dari berbagai negara di dunia. Sesuai dgn tagline kami “One World One Resto”. Kami akan dengan sangat senang hati memberikan sensasi kuliner terbaik yang pernah Anda rasakan.

    Kami memiliki penawaran yang sangat spesial untuk panjenengan. Jika tertarik silahkan hubungi kami di 089630687872 atau di page FB kami, WorldFood Resto.

    Trima kasih banyak. Semoga sukses dan berkah selalu :)

    • olenkapriyadarsani  says:

      Halo mbak, saya kakaknya delin. Delin lagi di Bali, nanti kalo udah pulang biar dia hubungi mbak di nomor telp itu ya. makasih

  • adelinfadila  says:

    karena Jogja kota penuh Budaya jadi tidak pernah bosan untuk mengunjunginya :)

  • lelesurabayamadura  says:

    Wisata ke Yogya, masih menarik dan minat untuk dibaca, karena bisa dijangkau serta tidak bikin kantong josssss hehehe

Leave a Reply